ABOUT US

logojac

Jati Aikido Club (JAC) adalah organisasi Aikido yang didirikan pada tanggal 30 September 2013 oleh Mico Chandra Sensei.

JAC yang sebelumnya sempat berafiliasi dengan Red Aiki Club – Aikikai (RAC – Aikikai) dan Institut Aikido Indonesia (IAI), kini bergabung kedalam Federasi Indonesia Aikikai (FIA) sejak 9 November 2017.

gathering copy2

JAC didirikan dengan Akte Pendirian No. 971 tanggal 18 Desember 2015 (Notaris Mauli Diniari S.H., M.Kn) sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bela Diri Aikido.

Berdasarkan Keputusan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Nomor : 421.9/527/404.3.1/2015 tanggal 03 Februari 2016, Jati Aikido Club (JAC) secara resmi ditetapkan sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal dan Informal yang menyelenggarakan Kursus Bela Diri.

JAC melalui para instrukturnya menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Bela Diri Aikido di dibawah koordinasi dan supervisi Pendiri dan Ketua JAC yaitu  Mico Chandra Sensei.

1instrall copySebelum membentuk Jati Aikido Club (JAC), Mico Sensei mengawali dibentuknya KBAI Wilayah Jawa Timur didalam rangka mengembangkan dan memperkenalkan Aikido khususnya di wilayah Sidoarjo – Surabaya -Pasuruan dan sekitarnya dan merupakan Instruktur Aikido Pertama yang memperkenalkan beladiri ini di wilayah Sidoarjo dan Pasuruan sejak awal tahun 2008. Berikut link sekelumit dokumentasi Aikido Journey Mico Sensei terkait latihan, pengembangan Aikido di Jawa Timur maupun dokumentasi pengembangan JAC.

Arti kata “Jati”  adalah murni atau asli, bahwa teknik latihan dan pelatihan yang dilakukan merujuk pada kurikulum Hombu Aikikai dunia  sebagaimana yang diajarkan oleh para Shihan Aikikai

Logo JAC menggambarkan adanya kesatuan hubungan  dalam latihan dan pengembangan pelatihan aikido baik secara lokal, nasional maupun internasional  yang tercermin dalam  :

1) Lingkaran Biru sebagai warna logo Aikikai Dunia,

2) Bendera Merah Putih simbol Negara Indonesia,

3) Logo Suro dan Boyo sebagai lokasi awal cikal bakal  lahirnya JAC, yaitu di Jawa Timur dan bentuk logo yang menyerupai huruf S tersebut mewakili kata ‘Spiritual’, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh O Sensei bahwa Aikido adalah Spiritual Martial Art

4) Kanji Aikido yang berdiri tegak menyatukan ketiga unsur sebelumnya.

Pengurus

(JAC Headquarter Aikido Dojo Sidoarjo, Surabaya Selatan Jawa Timur)

NB : Profile JAC dalam Buletin FIA NEWS Edisi Perdana Juni 2018

 

JATI AIKIDO CLUB