AI (HARMONI) DAN SHOLAT

aiRahasia Aikido adalah menyelaraskan diri kita dengan perubahan dan pergerakan alam semesta serta membawa diri kita menyatu dengan alam. Dengan demikian, orang yang telah memperoleh rahasia aikido memiliki alam semesta dalam dirinya sehingga dapat berkata, “Sayalah alam”". (Golden Words dari O Sensei Morihei Ueshiba).

Kata Ai dalam Aikido adalah Harmoni. Harmoni yang dimaksud adalah harmonisasi terkait gerak tubuh, pikiran dan jiwa seseorang yang selaras dengan Ki/Energi alam semesta sebagai sebuah Fitrah Universal .

Hal ini sebagaimana yang pernah disampaikan oleh O sensei Morihei Ueshiba :”Aikido is not the art of fighting using brute strength or deadly weapons, or the use of physical power or deadly weapons to destroy one’s enemies, but a way of harmonizing the world and unifying the human race as one family. It is a path of service that works through the spirit of God’s love and universal harmony by the fulfillment of each individual’s respective role. This way is the way of the universe; the training in Aiki is training in divine technique. Begin to put this into practice, and the power of the universe will come forth, and you will be in accord with the universe itself”.

prayAikido sebagai sebuah spiritual martial art sangat dekat hubungannya dengan konsep ajaran Islam. Salah satu diantaranya adalah konsep Ai dalam Aikido yang selaras dengan manfaat/hikmah dari Sholat diawal waktu. Sholat diawal waktu dan berjamaah di masjid (bagi laki-laki muslim) menjadi salah satu bentuk Ai terhadap alam maupun khaliknya yaitu Allah S.W.T dimana secara fisiologis pada saat itu terjadi interaksi harmonis antara perubahan alam terkait perubahan waktu-waktu sholat dengan fungsi kelenjar dan organ – organ dalam vital manusia yang memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebaikan pada manusia itu sendiri.

Berikut adalah tulisan yang disadur dari situs / website yang mengungkapkan tentang manfaat sholat diawal waktu :

syaamilquran.com – Inilah Rahasia Mengapa Shalat Harus di Awal Waktu - Rasulullah saw sangat menganjuran umatnya untuk melaksanakan shalat fadhu di awal Seperti yang beliau sabdakan,”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah Swt.” (HR Bukhari & Muslim)

jamaahTernyata anjuran tersebut ada hikmahnya. Menurut para ahli, setiap perpindahan waktu sholat, bersamaan dengan terjadinya perubahan tenaga alam dan dirasakan melalui perubahan warna alam. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan, psikologis dan lainnya. Berikut ini kaitan antara shalat di awal waktu dengan warna alam.

Waktu Subuh

Pada waktu subuh, alam berada dalam spektrum warna biru muda yang bersesuaian dengan frekuensi tiroid (kelenjar gondok). Dalam ilmu Fisiologi (Ilmu biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan) tiroid mempunyai pengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh manusia. Warna biru muda juga mempunyai rahasia tersendiri berkaitan dengan rejeki dan cara berkomunikasi. Mereka yang masih tertidur nyenyak pada waktu Subuh akan menghadapi masalah rejeki dan komunikasi. Mengapa? Karena tiroid tidak dapat menyerap tenaga biru muda di alam ketika roh dan jasad masih tertidur. Pada saat azan subuh berkumandang, tenaga alam ini berada pada tingkatan optimal. Tenaga inilah yang kemudian diserap oleh tubuh kita terutama pada waktu ruku dan sujud.

Waktu Zuhur

Alam berubah menguning dan ini berpengaruh kepada perut dan sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Warna ini juga punya pengaruh terhadap hati. Warna kuning ini mempunyai rahasia berkaitan dengan keceriaan seseorang. Mereka yang selalu ketinggalan atau melewatkan sholat Zuhur berulang kali akan menghadapi masalah dalam sistem pencernaan serta berkurang keceriaannya.

Waktu Ashar

Alam berubah lagi warnanya menjadi oranye. Hal ini berpengaruh cukup signifikan terhadap organ tubuh yaitu prostat, rahim, ovarium/ indung telur dan testis yang merupakan sistem reproduksi secara keseluruhan. Warna oranye di alam juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Orang yang sering ketinggalan waktu Ashar akan menurun daya kreativitasnya. Di samping itu organ-organ reproduksi ini juga akan kehilangan tenaga positif dari warna alam tersebut.

Waktu Maghrib

Warna alam kembali berubah menjadi merah. Sering pada waktu ini kita mendengar banyak nasehat orang tua agar tidak berada di luar rumah. Nasehat tersebut ada benarnya karena pada saat Maghrib tiba, spektrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis. Pada waktu ini jin dan iblis amat bertenaga karena mereka ikut bergetar dengan warna alam. Mereka yang sedang dalam perjalanan sebaiknya berhenti sejenak dan mengerjakan sholat Maghrib terlebih dahulu. Hal ini lebih baik dan lebih selamat karena pada waktu ini banyak gangguan atau terjadi tumpang-tindih dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama atau hampir sama dan bisa menimbulkan fatamorgana yang bisa mengganggu penglihatan kita.

Waktu Isya dan Tahajud

Pada waktu ini, warna alam berubah menjadi nila dan selanjutnya menjadi gelap. Waktu Isya mempunyai rahasia ketenteraman dan kedamaian yang frekuensinya sesuai dengan sistem kontrol otak. Mereka yang sering ketinggalan waktu Isya akan sering merasa gelisah. Untuk itulah ketika alam mulai diselimuti kegelapan, kita dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh ini. Dengan tidur pada waktu Isya, keadaan jiwa kita berada pada gelombang Delta dengan frekuensi dibawah 4 Hertz dan seluruh sistem tubuh memasuki waktu rehat.

sujudmalamSelepas tengah malam, alam mulai bersinar kembali dengan warna-warna putih, merah jambu dan ungu. Perubahan warna ini selaras dengan kelenjar pineal (badan pineal atau “mata ketiga”, sebuah kelenjar endokrin pada otak) kelenjar pituitarythalamus (struktur simetris garis tengah dalam otak yang fungsinya mencakup sensasi menyampaikan, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks serebral, bersama dengan pengaturan kesadaran, tidur dan kewaspadaan) dan hypothalamus (bagian otak yang terdiri dari sejumlah nucleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa dan suhu). Maka sebaiknya kita bangun lagi pada waktu ini untuk mengerjakan sholat malam (tahajud).

Kita sebagai umat Islam sepatutnya bersyukur karena telah di’karuniakan’ syariat shalat oleh Allah Swt sehingga jika dilaksanakan sesuai aturan maka secara tak sadar kita telah menyerap tenaga alam ini. Inilah hakikat mengapa Allah Swt mewajibkan shalat kepada kita sebagai hambaNya. Sebagai Pencipta Allah swt mengetahui bahwa hambaNya amat sangat memerlukan-Nya. Shalat di awal waktu akan membuat badan semakin sehat. (Sumber : http://syaamilquran.com/inilah-rahasia-mengapa-shalat-harus-di-awal-waktu.html)

aicakmerSaduran tulisan diatas terkait baiknya fungsi kelenjar dan organ dalam vital tubuh tersebut memiliki relevansi yang sangat erat dengan vitalitas energi cakra maupun meridian yang ada pada tubuh kita. Dimana masing-masing warna pada cakra dan masing-masing jalur meridian tersebut dapat mengindikasikan baik tidaknya kesehatan kelenjar maupun organ dalam vital tubuh kita. Dan perubahan waktu-waktu sholat yang terkait juga dengan perubahan warna alam serta aktifnya jalur meridian pada jam-jam tertentu menjadi momen strategis untuk kita manfaatkan untuk kebaikan kesehatan kita baik secara fisiologis (materil) maupun spiritual melalui Sholat - layaknya sarana meditasi rutin - yang dilaksanakan di awal waktu dengan berjamaah di mesjid (bagi laki-laki muslim)  dan tentunya semua diniatkan untuk mencari keridhaan Allah S.W.T.

3190

3191

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,  (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”(Ali Imran, 3 : 190-191)

2014

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku”. (Tha Ha, 20 : 14)

onisaburo“Sesekali, kamu harus menyendiri diantara pegunungan yang tinggi dan lembah-lembah yang tersembunyi untuk memulihkan hubunganmu dengan sumber kehidupan. Duduklah dengan nyaman dan mula-mula renungkan adanya wilayah eksistensi. Wilayah ini berkaitan dengan segala sesuatu yang lahiriah, bentuk fisik dari segala sesuatu. Kemudian isi ragamu dengan Ki dan rasakan bagaimana alam semesta berfungsi-bentuknya, warnanya dan getaran-getarannya. Tarik nafas dan biarkan dirimu membumbung tinggi ke ujung-ujung alam semesta, keluarkan nafas dan bawa kosmos masuk kembali ke dalam. Kemudian, nafaskan semua yang hidup dan bergetar dari bumi. Akhirnya padukan nafas bumi dengan nafas tubuhmu sendiri, dengan demikian menjadi nafas kehidupan itu sendiri. Saat kamu menjadi tenang, secara alami biarkan dirimu menetap dalam hati segala sesuatu. Temukan pusatmu, dan isilah dirimu dengan cahaya dan kehangatan” (Seni Damai -The Art of Peace, halaman 73-74).

morihei-ueshiba-prayer“…Bagaimana anda dapat meluruskan pikiran anda yang menyimpang, memurnikan hati anda dan menjadi harmonis dengan aktivitas di dalam alam ? Sebelumnya, anda harus memiliki hati seperti hati Tuhan….”. (Golden Words dari O Sensei Morihei Ueshiba).

Wallahu’alam bissawab ( والله أعلمُ بالـصـواب  ).

Mico Chandra

(JAC Headquarter Aikido Dojo Sidoarjo, Surabaya Selatan Jawa Timur)