AIKIDO-ESKRIMA

Apa itu Aikido ?

aiki9-1

Ai               Penggabungan yang harmonis
Ki               Inti kehidupan dan jiwa
Do             Jalan atau cara
Aikido     Harmonisasi Gerak tubuh, jiwa & pikiran dengan Ki

Aikido adalah Budo (seni bela diri) yang dibuat oleh Morihei Ueshiba. Setelah meninggalnya O Sensei Morihei Ueshiba pada tahun 1969, anaknya Kisshomaru Ueshiba diresmikan sebagai Aikido Doshu. Saat ini, Moriteru Ueshiba, cucu dari O Sensei, telah menggantikan ayahnya sebagai Aikido Doshu dan Mitsuteru Ueshiba, anak dari MoriteruUeshiba, telah diangkat menjadi Waka Sensei (Young Teacher). The Aikikai Foundation, resmi diakui oleh pemerintah Jepang pada tahun 1940, didirikan untuk melestarikan dan mempromosikan cita-cita sejati Aikido yang diciptakan oleh sang Pendiri  dan sebagai Aikido World Headquarters, yaitu organisasi induk untuk pengembangan dan perluasan Aikido di seluruh dunia.

all for web2

Aikido saat ini memiliki perkembangan pesat secara nasional maupun internasional sebagai beladiri yang khas, elegan dan merupakan beladiri yang selalu   ditampilkan oleh aktor laga Hollywood Steven Seagal (Dan VII Aikikai) dalam setiap film filmnya.  Kualitas kehalusan dari Aikido membuatnya menarik untuk lelaki, perempuan dan anak-anak tanpa pembatasan usia. Aikido tidak hanya menawarkan pembentukan fisik – spiritual tetapi juga pelatihan dan pengajaran etika dan tingkah laku yang pantas.

Apa manfaat berlatih Aikido ?

Berlatih aikido bertujuan untuk menyatukan koordinasi antara badan dan fikiran menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga badan dan jiwa kita menjadi harmonis dan selaras. Untuk mendapatkan keadaan yang demikian, seorang aikidoka harus berlatih untuk menjadi relaks serta belajar untuk dapat menjernihkan fikirannya sendiri dari segala hal yang negatif dengan mengembangkan fikirannya yang positif. Segala sesuatunya dibiarkan bergerak secara alamiah dan tidak dipaksakan.

Apa itu Eskrima ?

Eskrima/Arnis/Kali adalah Beladiri yang berasal dari Filipina atau sering disebut sebagai Filipino Martial Art (FMA).

Eskrima dalam prakteknya sering menggunakan 1 atau 2 tongkat rotan yang merupakan simulasi gerakan dari senjata tajam yg panjangnya pada kisaran s.d 70 cm. Senjata tajam dimaksud bisa berupa Talibung, Parang, Golok ataupun Pisau dan sejenisnya.

Didalam rangka melengkapi pola Atemi Waza (serangan/pukulan) khususnya terkait penggunaan senjata selain Pedang (Ken/AikiKen) dan Tongkat Panjang (Jo/AikiJo) -yang merupakan senjata khas di Aikido- maka Jati Aikido Club (JAC) memasukkan teknik Eskrima dalam pola pelatihannya yaitu AiKiKali.

Talibung3ok2 copy

 

JATI AIKIDO CLUB