PENTINGNYA SEORANG MUSLIM MEMILIKI KEAHLIAN BELADIRI

apokk2Sejarah eksistensi suatu bangsa tidak akan terlepas dari adanya upaya pertahanan diri dari ancaman pemusnahan oleh lawan-lawannya, begitupula dengan umat islam, dalam hal ini umat Rasullullah Muhammad S.A.W., telah dan selalu diingatkan sejak 1400 tahun yang lalu melalui kitab sucinya, Al-Quran, untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman permusuhan dan penyerangan yang dilakukan oleh mereka yang tidak senang dengan keberadaan dan syiar umat islam.

860

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)”. (Al-Anfal 8:60)

Oleh karena itu, penting dan bahkan wajib bagi setiap muslim untuk membekali dirinya dengan keahlian Beladiri karena serangan yang muncul seringkali dilakukan tanpa menunggu kesiapan dari kita, bisa terjadi dimanapun, kapanpun, dan tanpa perduli siapapun korbannya…semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua, pria maupun wanita.

Alhamdulillah, kesadaran ini mulai dimunculkan khususnya disekitaran wilayah Bekasi dengan terselenggaranya Seminar Beladiri tentang Pentingnya Seorang Muslim untuk Memiliki Keahlian Beladiri dengan Pemateri Mico Chandra Sensei (Aikido Instructor and Founder of Jati Aikido Club) dan Agus Sujatmiko (Relawan di Daerah Konflik)

seminar

(Seminar Beladiri JAC Jakarta-Bekasi, 29 November 2015)

Berikut bebarapa faktor penguat lainnya terkait urgensi seorang muslim memiliki keahlian beladiri agar selalu dalam kondisi waspada dan siap siaga :

a.  Defaultnya orang-orang baik (mukmin) selalu menjadi sasaran    bullying

858

“Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji”. (Al-Buruj 85:8)

2217

” … Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup. ..”. (Al Baqarah 2:217)

Bahkan Albert Eeinstein pun pernah mengungkapkan :

“Great spirits have always encountered violent opposition from mediocre minds”. (Albert Einstein – Bushido Code)

b.  Sejarah dan eksistensi umat islam yang berkembang s.d saat ini tidak terlepas dari a