TAOIST BREATHING DAN AIKIDO

TAO-DOPraktisi  Martial Art termasuk Aikido tidak hanya memperhatikan durasi stamina baik secara fisik maupun mental dalam setiap aktivitas pelatihan/bela dirinya  tetapi juga efesiensi eksekusi yang efektif , terlebih lagi dalam kondisi Randori (Multiple Attackers) dimana kecepatan dan ketepatan eksekusi serta fokus harus dalam kondisi yang maksimal, dan teknik pernafasan yang baik dalam hal ini diyakini dapat sangat berpengaruh.

Sejak abad ke- 13 M  di Cina sudah dikenal 2 macam teknik pernafasan yang secara umum digunakan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan spiritual yaitu Taoist Breathing dan Buddhist Breathing

BreathingPatternsSecara teknik,Taoist Breathing/Pernafasan Tao adalah pernafasan yang dilakukan berlawanan dengan Buddhist/Natural Breathing/Pernafasan Normal, dimana perut mengecil/mengempis ketika udara dihirup lewat hidung dan perut mengembang ketika udara dibuang lewat mulut.

Dalam Taoist Breathing, pernafasan difokuskan pada daerah Dan Tien dalam rangka memperkuat Chi/Qi untuk optimalisasi sirkulasi Chi ke seluruh tubuh. Sirkulasi Chi yang baik tersebut akan menstimulan berfungsinya organ-organ dalam vital secara optimal sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat,  oleh karena itu  praktisi beladiri menggunakan Taoist Breathing ini untuk memperkuat Chi dan tubuh mereka, sementara Buddhist Breathing yang dikosentrasikan pada daerah otak digunakan untuk pencerahan spiritual. Dan bukanlah hal yang sulit bagi praktisi beladiri untuk menguasai dan melakukan pergantian antar kedua teknik pernafasan tersebut.

CHI FLOWPembahasan tentang Taoist Breathing  tidak terlepas dari sirkulasi Chi/Qi/Ki dan Dan Tien adalah salah satu titik dari jalur Chi pada Conception Vessel  yang mengalir pada tubuh bagian depan dan sebagaimana juga Governing Vessel (tubuh bagian belakang) Chi selalu aktif dan tidak dibatasi oleh jam tertentu, sedangkan aliran Chi pada kedua belas jalur lainnya aktif hanya pada jam-jam tertentu saja.

Latihan yang terus menerus dan pemahaman yang baik terkait dengan Chi dan Taoist Breathing tersebut sangat bermanfaat didalam aplikasi martial art dan teknik aikido yang dilakukan baik berupa rangkaian waza (jurus) maupun atemi (pukulan) bisa menjadi sangat efektif dan tentunya harus digunakan dengan sebijak mungkin.

 

Wallahu’alam bissawab ( والله أعلمُ بالـصـواب  ).

Mico Chandra

(JAC Headquarter Aikido Dojo Sidoarjo, Surabaya Selatan Jawa Timur)

(English Translation)