VARIASI ATEMI (PUKULAN/SERANGAN) BERUPA KERAMBIT, PISAU DAN NUNCHAKU

Pelatihan Aikido yang dilakukan tentunya tidak terlepas dari beragam bentuk Atemi (pukulan/serangan) yang dilakukan oleh uke, baik berupa tangan kosong (Pegangan, Shomen/Yokomen uchi, Tsuki, dan Tendangan) maupun dengan senjata (Tanto/Pisau, Boken/Pedang dan Jo/Tongkat).

ken

Maksud pelatihan tersebut tidak hanya untuk melatih teknik atemi si uke tetapi juga melatih nage (eksekutor) untuk ber waza dengan lebih baik. Namun demikian, atemi yang dilakukan di dalam dojo (tempat berlatih) seringkali ditekankan untuk membantu si nage dalam melakukan eksekusi tekniknya dan umumnya terbatas dalam format kurikulum latihan.

Oleh karena itu, didalam rangka memperluas khasanah variasi atemi dalam penggunaan senjata, Mico Sensei (Founder of JAC) mengikuti Seminar Kerambit dan Pisau pada tanggal 30 April di Monumen Kapal Selam Surabaya oleh Dodit Setiyohadi (Eskrima Nusantara) dan Demank Ahmad (Pukulan Patikaman) serta Seminar Nunchaku pada tanggal 14 Mei 2017 di Sidoarjo oleh Indonesia Nunchaku Club (INC) Region Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

sk1 copy

Pemahaman yang terus diasah terkait  variasi atemi tersebut, khususnya terkait penggunaan senjata, sangat relevan dengan realitas dilapangan terlebih lagi beladiri Aikido yang merupakan beladiri klasik yaitu beladiri yang tidak dipertandingkan dalam sebuah arena/kejuaraan karena sifatnya yang ‘lethal’, ‘no rules’, bukan untuk hiburan/entertainment , bukan ‘game‘ dan dipakai untuk membeladiri dalam sebuah perkelahian atau pertempuran yang sebenarnya tanpa ada batasan.

masaaki

Diharapkan hasil latihan ini akan memperkaya ragam teknik atemi yang bisa dilatihkan kembali didojo sehingga nage bisa lebih bijak dan realistis dalam menyikapi bentuk atemi yang datang kepadanya terutama terkait senjata, “…To understand what’s out there, to really be in tune”. Donnie Yen.

donnie yen quote

Bilamana umumnya nage terbiasa dengan uke yang menggunakan tanto, boken dan jo, kini berurusan dengan uke yang menggunakan kerambit, nunchaku (double stick) dan uke ‘spesialis/praktisi’ pisau. Hal tersebut bukanlah hal berlebihan yang dilatihkan di dojo karena kurikulum yang diujikan di dojo adalah standar minimal teknik yang harus dikuasai si nage ataupun si uke, sedangkan maksimalnya tiada batas dan terus belajar…

Dan 1 hal penting lainnya terkait dengan pemahaman dan penguasaan variasi atemi dengan senjata ini adalah musuh  akan berpikir panjang untuk menyerang karena ‘terdominasi’ dengan sendirinya dalam kontrol kita.

weapon in order

Wallahu’alam bissawab ( والله أعلمُ بالـصـواب  ).

Mico Chandra

(JAC Headquarter Aikido Dojo Sidoarjo, Surabaya Selatan Jawa Timur)